Kamis, 29 Oktober 2009

Mengenal Alexa Rank

Sebelum berbicara mengenai Apa itu Alexa Rank, alangkah lebih baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui seluk beluk tentang alexa.

Mengenai Alexa

Alexa didirikan pada bulan April 1996. Alexa tumbuh dari sebuah visi navigasi Web yang cerdas dan selalu terupdate dengan partisipasi dari para penggunanya. Semenjak didirikannya, Alexa telah mengembangkan jutaan toolbar yang merupakan salah satu penjelajah web terbesar dan merupakan infrastruktur untuk memproses dan melayani data dalam jumlah besar.


Produk dan Layanan yang Dimiliki Alexa
  1. Alexa Toolbar – sebuah toolbar yang berfungsi untuk memberikan informasi lengkap sebuah web
  2. Alexa.Com – Situs resmi Alexa yang dibangun di atas gagasan bahwa informasi yang tepat waktu dan relevan sangat penting untuk pengalaman web yang vital.
  3. Site Owner Tool – Kumpulan tools (alat-alat) yang dikhususkan untuk para pemilik web, yang sangat berguna untuk kepentingan web yang dimilikinya.
  4. Alexa Web Service – Layanan baru yang dimiliki alexa, yang dirilis pada bulan November 2005 dengan menggunakan Amazon Web Service Platform

Seperti yang anda lihat diatas, banyak sekali jenis produk dan layanan yang dimiliki alexa, namun kali ini saya hanya akan membahas tentang salah satu layanan alexa yang berguna dalam blog monetizing yaitu Alexa Rank.


Apa itu Alexa Rank?

Alexa Rank adalah suatu nilai / ranking tingkat kunjungan yang dimiliki oleh suatu blog / web berdasarkan informasi dari jutaan pengguna alexa toolbar di seluruh dunia. Nilai yang diberikan oleh Alexa Rank ini adalah 1 sampai dengan sekian (tidak ada batasan). Perhitungan dari Alexa Rank ini yaitu semakin kecil nilainya berarti semakin bagus. Sebagai contoh, pada saat postingan ini ditulis, nilai Alexa Rank dari Blog Bisnis Internet ini adalah #304.115. Hal ini berarti, blog ini berada di peringkat 300,381 dari semua situs / blog yang ada di dunia

.
Pentingkah Alexa Rank itu?

Berbicara mengenai masalah penting / tidaknya Alexa Rank ini, tergantung dari situs / blog itu sendiri. Contoh :suatu Blog atau Web yang hanya digunakan sebagai media informasi, mungkin tidak terlalu menganggap penting Alexa Rank.Tapi akan berbeda jika situs / blog tersebutdigunakan sebagai media informasi sekaligus manfaatkannya untuk mencari uang (monetizing). So tentunya rangking yang diberikan oleh Alexa ini memiliki nilai yang sangat penting. Kenapa demikian? Salah satu alasanya yaitu Alexa Rank ini suka digunakan sebagai tolak ukur pada beberapa program paid review seperti SR, BV, RM dll.

Ok guys, sekian dulu pembahasan mengenai apa itu alexa rank. Jika ada pertanyaan atau tambahan seputar Alexa, silahkan tulis di kolom komentar ya…^_^

0 komentar:

Posting Komentar

give your comment here, please do not spam

 
My Big Dream powered by XXZ