Minggu, 22 Agustus 2010

DREAM (Dedication, Responsibility, Education, Attitude, Motivation)


Dedication atau bahasa kitanya dedikasi adalah kata yang memiliki makna penting dalam menterjemahkan semangat kepedulian sosial. Dalam kerja keras tersirat upaya maksimal dalam pencapaian manfaat. Sedangkan dedikasi lebih pada pelaksanaan manfaat ke lingkungan sosial.

Dedikasi adalah kunci menuju kesuksesan, dedikasi melibatkankesabaran(patience), keuletan(persistence), dan kerja keras(hard-work). Sejarah mencatat, orang-orang yang berdedikasi pada suatu hal merupakanorang-orang yang berhasil menorehkan tinta emas dalam sejarah.
Bola lampu mungkin tidak akan ada hingga saat ini jika Thomas Alva Edison menyerah di tengah jalan ketika bereksperimen, Microsoft mungkinsaat ini tidak akan kalang kabut menghadapi invasi Linux jika LinusTorvalds masih merasa nyaman menggunakan Unix dan tidak mempunyaiinisiatif membuat OS sendiri, dan mungkin Anda tidak akan bisa membaca tulisan ini jika tidak berdedikasi untuk belajar membaca ketika kecil dulu.

Tidak ada yang tidak bisa diraih di dunia ini, namun sebanyak apapencapaian kita akan suatu hal tergantung pada seberapa besar usahakita untuk meraihnya. Untuk mendapatkan sesuatu kita harus beranimengorbankan sesuatu pula. Catat!

Bagi saya, cukup bisa dikatka  berdedikasi pada suatu hal..walaupan kadang ada sajarasa penasaran mencoba sesuatu yang baru,
Hidup ini memang penuh dengan pilihan, disaat kang salman kuliah sambil kerja 5 bulan lalu, tubuh ini menjadi gampang sakit sapai akhirnya saya kena tipes dan dilarikan. dan akhirnya mengambil keputusan untuk kuliah saja. Anda tinggal memilih “luastapi dangkal atau sempit tapi dalam”. Namun tetap saja ada anomali didunia ini, dimana bisa saja ditemukan orang-orang dengan kemampuan yangbanyak dan mendalami semua kemampuannya itu. mungkin saat ini Blog kali kang salman blog kali ya ^_^)

Responsibility
Respomsibility atau di artikan sebagai tanggung jawab adalah “siap menerima kewajiban atau tugas. Kebanyakan orang mengelak bertanggung jawab, karena jauh lebih mudah untuk “menghindari” tanggung jawab, daripada “menerima” tanggung jawab. Sebagian orang, karena tidak bisa memahami arti dari sebuah tanggung jawab; seringkali dalam kehidupannya sangat menyukai pembelaan diri dengan kata-kata, “Itu bukan salahku!”

Cobalah kita pahami, kalimat mulia berkaitan dengan tanggung jawab, di bawah ini:

“Setiap orang dari kamu adalah pemimpin, dan kamu bertanggung jawab atas kepemimpinan itu”. (Al-Hadits, Shahih Bukhari – Muslim)

“Anda tidak bisa lari dari tanggung jawab hari esok dengan menghindarinya pada hari ini”. (Abraham Lincoln

Education
Pendidikan. sebenarnya setelah di cerna secara dalam makna pendidikan yang sebenarnya bukanlah berada di bangku formal seperti pada umumnya. bangku sekolah hanya mengantar dan membekali kita dari luar sedangkan yang membekali kita dari hati adalah tetap kembali kepada keluarga dan diri kita sendiri. Jaman sekarang pendidikan itu bermacam-macam, jika anda merasa memiliki kemampuan di satu bidang kembangkanlah itu jangan di tunda-tunda sebab saya sendiri pernah merasakanya. karena selalu di tunda akhirnya minat dan bakat itupun pergi. Belajarlah mengenali dirimu sendiri karena semua berawal dari bagaimana anda mengenali diri sendiri.

Attitude
attitude merupakan pondasi terpenting yang menentukan tingkatkeberhasilan seseorang . Sekarang, hitunglah nilai dari ATTITUDE .berapa anda dapat? Tepat sekali ! 100% Artinya , attitude memangmerupakan faktor terpenting dalam mencapai kesuksesan seseorang. Inimemang sebuah permainan kecil berupa huruf – huruf abjad, tetapi dalamkehidupan ini, kenyataannya, keberuntungan, nasib, kepandaian,pengetahuan, dan kerja keras tidak sebanding dengan pentingnya attitudesebagai the magic word ! fondasi kesuksesan, dengan demikian, sangatditentukan oleh attitude. 

Pernahkah Anda memikirkan mengapaseseorang, suatu organisasi, suatu perusahaan bahkan suatu Negara jauhlebih sukses dibandingkan yang lainnya ? Apa yang jadi faktor palingutama dan pertama dalam membedakan hal ini? Jawabnya adalah attitude!Ini bukanlah suatu rahasia. Denga attitude yang positif, Anda akanlebih mudah mencapai keberhasilan.

– kunci utama menuju sukses , dan kata yang pertama adalah LUCK (Nasib ) . Unsur ini paling sering diucapkan orang sebagai jalan pintas( Short cut ) mencapai sukses . Apakah anda setuju jika LUCK merupakanfactor yang paling menentukan keberhasilan seseorang ? marilah kitasedikit bermain dengan huruf abjad.
Cobalah tulis di selembarkertas , atau di sisi kosong buku ini urutan abjad mulai dari A hinggaZ . kemudian , Anda tuliskan angka yang merepresentasikan nilai darimasing –masing abjad . misalnya , A=1; B = 2; C = 3; …..Z = 26. nahsekarang , untuk kata LUCK jumlahkanlah nilai dari masing – masinghurufnya . sekarang kita beralih ke kata kedua yang merupakan kuncimencapai kesuksesan , yaitu KNOWLEDGE (pengetahuan ). Apakah Andasetuju bahwa faktor ini merupakan faktor paling menentukan keberhasilanseseorang. Kata selanjutnya adalah kata yang paling sering ditekankanoleh para orang tua dalam menasehati anak – anaknya untuk mencapaikesuksesan , dan kata tersebut adalah HARDWORK ( Kerja keras ) .seseorang tentu bisa mencapai kesuksesan jika ia mau bekerja keras.Apakah Anda setuju bahwa faktor ini merupakan faktor yang terpentingmenuju sukses. 

Sekarang bandingkan jawaban Anda dengankata ATTITUDE ( sikap ) . Menurut saya , attitude merupakan pondasiterpenting yang menentukan tingkat keberhasilan seseorang . Sekarang,hitunglah nilai dari ATTITUDE . berapa anda dapat? Tepat sekali ! 100%Artinya , attitude memang merupakan faktor terpenting dalam mencapaikesuksesan seseorang. Ini memang sebuah permainan kecil berupa huruf –huruf abjad, tetapi dalam kehidupan ini, kenyataannya, keberuntungan,nasib, kepandaian, pengetahuan, dan kerja keras tidak sebanding denganpentingnya attitude sebagai the magic word ! fondasi kesuksesan, dengandemikian, sangat ditentukan oleh attitude. 

Pernahkah Andamemikirkan mengapa seseorang, suatu organisasi, suatu perusahaan bahkansuatu Negara jauh lebih sukses dibandingkan yang lainnya ? Apa yangjadi faktor paling utama dan pertama dalam membedakan hal ini? Jawabnyaadalah attitude! Ini bukanlah suatu rahasia. Denga attitude yangpositif, Anda akan lebih mudah mencapai keberhasilan.

Saya yakin, setelahmembaca beberapa kalimat tadi, Anda mendapatkan gambaran yang semakinjelas tentang definisi attitude sebagai " cara pandang seseorang dalammelihat suatu keadaan ". ada pula yang mendefenisikan attitude sebagai" sikap hidup seseorang ".Apa pun definisi anda tentang attitude,sesungguhnya ia merupakan " jendela"Anda terhadap Dunia luar.Sebagaimana yang dikatakan oleh jeff keller ," Attitude is your windowto the word " ( attitude adalah jendela Anda terhadap dunia ). Dalamkehidupan, kita harus bertanggung jawab terhadap " jendela" yang kitamiliki. " jendela" tersebut bisa bersih, tetapi bisa juga berdebu,kotor, bahkan berlumpur. Anda sendiri yang bertanggung jawab terhadap "jendela " Anda . " jendela " yang kotor disebabkan karena pemiliknyaselalu mendominasi hidupnya dengan attitude yang negatif sehingga tidakmampu melihat setiap persoalan dengan jernih. Dalam hidup ini, Andadapat memilih untuk mendominasi hidup anda dengan positive attitudeatau dengan negative attitude. It's your choise!
Jika ditilikdari sudut pandang attitude, kita mungkin dapat menjawab pertanyaanbesar dalam hidup ini tentang begitu banyak ironi dalam kehidupan.Sebagai contoh, kita pernah melihat seorang yang dilahirkan dengancacat pada tubuhnya, atau dilahirkan dari keluarga yang sangat miskin,atau seorang yang tidak dibekali ilmu pengetahuaan yang cukup bahkandituding memiliki " IQ jongkok " , tetapi justru di dalam perjalananhidupnya ia mampu menjadi orang yang terkenal dan sukses. Di sisi lain,ada juga orang – orang yang di lahir kan dari keluarga yang mampu,diberikan sekolah yang tinggi bahkan menjadi murid yang pintar padasaat sekolah, memiliki tubuh sempurna, tetapi dalam perjalanan hidupnyajustru malah menjadi pecundang atau justru menjadi sampah masyarakat.

Bagaimanafenomena ini bisa terjadi ? jawabannya terletak dari dua kata, yaituCAN ( kemampuan ) dan WILL ( kemauan) . banyak orang yang mempunyaikemampuan untuk mewujudkan sesuatu, tetapi tidak mempunyai kemauankarena sikap yang negatif. Seorang anak muda yang baru lulus dariprogramnya S2-nya, ketika terjun di bidang sales diminta untukmelakukan prospecting door-to-door. Secara kemampuan, ia adalah seorangyang mampu dalam kapasitasnya meyakinkan pelanggan. Namun, karenasikapnya yang merendahkan pekerjaan tersebut, ia tidak mau melakukannyadan tidak berhasil mendapatkan penjualan. Sebaiknya, seorang sales yangtidak memiliki kemampuan tetapi memiliki kemauan besar malah mampumelaksanakan tugas tersebut tanpa beban dan berhasil. Memang benarkemauan besar dapat mengalahkan kemampuan yang besar. Berhati – hatilahterhadap pilihan sikap Anda setiap hari.

Motivation
Motivasi adalah perpaduan antara keinginan dan energi untuk mencapai tujuan tertentu. Memengaruhi
motivasi seseorang berarti membuat orang tersebut melakukan apa yang kita inginkan. Karena fungsi
utama dari kepemimpinan adalah untuk memimpin, maka kemampuan untuk memengaruhi orang adalah
hal yang penting.

Prinsip Dasar Motivasi

Penelitian Kenneth Gangel, dalam bukunya "Competent to Lead", menunjukkan bahwa orang tidak
termotivasi untuk bekerja lebih baik, karena dia mendapat gaji yang lebih tinggi atau tunjangan yang
lebih banyak.

Motivasi adalah suatu fenomena psikologis, sehingga kita perlu mengetahui pendapat dari para psikolog.
Mungo Miller, pimpinan Affiliated Psychological Services, mencetuskan enam prinsip umum motivasi
sebagaimana di bawah ini.
  1. Motivasi adalah proses psikologis, atau lebih tepatnya proses emosional, bukan logis.
  2. Motivasi pada dasarnya adalah proses yang tidak kita sadari. Tindakan yang kita atau orang lainlakukan mungkin saja tampak tidak logis, namun bagi orang yang melakukannya, tindakannyatampak wajar dan masuk akal.
  3. Motivasi bersifat individual. Tingkah laku seseorang bersumber dari dirinya sendiri.
  4. Motivasi tiap orang berbeda, begitu juga setiap individu bervariasi dari waktu ke waktu.
  5. Motivasi adalah proses sosial. Tak dapat diingkari, bahwa terpenuhi atau tidaknya kebutuhan kitatergantung dari orang lain.
  6. Dalam tindakan sehari-hari, kita dipandu oleh kebiasaan yang bersumber dari motivasional di masa lalu.

Pendorong Motivasi

Motivasi seseorang sering kali dipengaruhi oleh dua hal berikut.

1. Seberapa mendesaknya suatu kebutuhan. Misalnya, kita merasa lapar, namun harus
menyelesaikan satu tugas dengan segera. Kalau kita merasa sangat lapar, kita akan makan. Tapi
bila kita hanya sedikit merasa lapar, kita akan memilih untuk menyelesaikan tugas.

2. Anggapan bahwa suatu tindakan akan memenuhi suatu kebutuhan. Misalnya, ada dua kebutuhan
yang mendesak -- keinginan untuk menyelesaikan tugas atau makan. Persepsi tentang bagaimana
kita memandang dua kebutuhan tersebut sangat menentukan mana yang akan diprioritaskan.
Kalau kita berpikir bahwa kita bisa dipecat karena tugas tidak selesai, kita akan mengorbankan
waktu makan siang untuk mengerjakannya. Sebaliknya, jika kita merasa tidak akan mendapat
masalah walaupun pekerjaan itu tidak selesai, kita akan pergi untuk makan siang.

Orang dapat termotivasi karena kepercayaan, nilai, minat, rasa takut, dan sebagainya. Diantaranya
adalah faktor internal seperti kebutuhan, minat, dan kepercayaan. Faktor lainnya adalah faktor eksternal,
misalnya bahaya, lingkungan, atau tekanan dari orang yang dikasihi. Tak ada proses yang mudah dalam
motivasi -- kita harus selalu terbuka dalam memandang orang lain.


Semoga ini semua bisa memberikan motivasi dan cara pandang kita kan mimpi. dan kang salman katakan bermimpi itu harus tapi harus di barengi juga dengan AKSI! salam sukses
Refrensi pemikiran: 
  1. Al Hadist Rusulullah S.A.W
  2. Darmadi Darmawangsa (Penulis buku Fight Like a Tiger Win Like a Champion) 
  3. Harun Yahya (Ebook Keajaiban Sarang Laba-Laba)
  4. Malayu Hasibuan (Penulis Buku Dasar Manajemen, Pengantar dan Masalah)
  5. Google
  6. http://riky.kurniawan.us/idea/dedikasi/
  7. http://wuryanano.wordpress.com
  8. http://id.shvoong.com/

Jangan asal copy paste, baca aturanya di sini !
Post By Kang Salman


Ingin mendapat penghasilan tambahan? Bergabung dan jadikan blog anda sebagai ladang uang bagi dompet anda. Daftar =>  disini <= klik!  untuk memanen uang $ seperti saya. Gratis
Dapatkan update artikel  terbaru kami langsung ke email anda.  

0 komentar:

Poskan Komentar

give your comment here, please do not spam

 
My Big Dream powered by XXZ