Rabu, 07 April 2010

Cara Menulis Konten Yang Baik

Biasanya blogger pemula banyak yang merasa kesulitan mengisi contentblog. Banyak juga yang merasa tidak bisa menulis content yang menarik. Dulu juga kang salman mengalaminya. Selalu saja merasa ada yang kurang dengan tulisansaya. dan Selalu bertanya kepada sahabat saya di kampus Menurut Kamu dik, artikel saya menarik tidak?" dan kadang muncul rasa takut,“Apa akan ada banyak orang yang tertarik dengantulisan saya ini?” 
Tapi, sekarang syukur alhamdullilah tidak lagi. Pengunjung blogsaya ini sudah dapat dikatakan lumayan untuk ukuran 6 usia 6 bulan. Disini Kang salman Mau shere ilmu.  Mau ga kiat-kiat menulis artikel  yang menarik agarpengunjung makin bertambah dan senang memaca karya anda?
  1. Menulis dengan tulus. menulis dengan tulus (hati) adalah menulis tanpa adanya paksaan seperti mengejar setoran sehingga membuat kita menjadi rilex dan nyaman. Kamu tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari kata-kata dan akan  mengalir saja dengan sendirinya, tulis semua yang ingin kamu tulis. Blog yang baik itubiasanya punya content asli dan ditulis dengan sepenuh hati. Jadi, anda bisamenulis apa saja yang anda sukai, lepaskan semua imajinasi kamu agar jiwa kamupun dapat masuk ke dalamtulisan. Selain itu, tulisan kamu tidak terkesan dipaksakan.
  2. Tulis yang bermanfaat. Blog yang sukses mengertiapa yang disukai para pembacanya. Semua orang yang mengakses blogseperti ini tidak akan pergi dengan tangan hampa. Jadi, kita harus menulis sesuatu yang berguna untukorang lain. Berikan informasi yang kamu miliki untuk semua pengunjung.Agar, pengunjung tidak merasa sia-sia telah datang ke blog kamu.
  3. Cari solusi untuk masalah orang lain. Pertama kalisebelum mencoba memecahkan masalah orang lain, kamu mesti tahu betulsiapa saja pembaca anda. Sehingga kamu bisa menganalisis kesulitan apa sajayang biasa mereka hadapi. Nah, selanjutnya kamu bisa membantu merekamenemukan solusi yang tepat untuk masalah itu. Tapi jika kamu belum memiliki pembaca (biasanya dialami blogger baru) kamu bisa membaca bloglain yang punya target pembaca yang sama. Sebut sajaini blog reference anda. Jika kamu benar-benar blank tidak punya ideuntuk menawarkan solusi pada pengunjung. Coba saja pelajarimasalah-masalah yang biasa diutarakan pengunjung blog reference kamu.Lihat di bagian komentarnya bBiasanya pengunjung suka mengutarakan permasalahanmereka. Kemudian kamu tulis pemecahan masalah mereka itu menurut versi kamu sendiri.
  4. Jangan cuma menulis tentang diri sendiri. Nanti malah banyakpengunjung yang tidak suka. Mereka akan berpikir kamu  buat blog hanyakarena ingin pamer (narsis) mendingan facebookan aja deh!. Gawat bukan kalau sudah begini? Apa kamu pernahmenemui blog yang isinya seperti buku harian? Saya kira banyak juga yajumlahnya. Dan sepertinya model blog curhat seperti ini tidak banyakdisukai pengunjung. Kecuali kalau isi tulisan mereka mengandung banyakinformasi yang berguna buat pengunjung. Bukan cuma menulis kegiatanharian seperti menulis di buku diary saja. Jadi apa yang mesti kamu lakukan agar blog kamu tidak seperti buku harian? Kamu sebaiknya sadar betul kalau kamu menulis di blog bukan hanya diperuntukanuntuk diri sendiri. Tapi  juga kamu itu menulis untuk banyak orang seluruh penjuru dunia. Dengan berbagi apa yang kamu dapat tapi juga bagikanapa yang dipelajari banyak orang. Jangan melulu bicarain diri andasendiri. kelaut aj deh..
  5. Sentuhlah pembaca anda. Cobalah kamu buat interaksi denganpara pembaca. Caranya bagaimana? Tentunya tidak hanya dengan membalas komentar yangpembaca berikan. Tapi, kamu bisa membuat sejenis kontes yang menarikminat pembaca anda. Misal bagi pemberi komentar terbaik akan diberikan sebuah  hadiah ebook gratis. kalau teman saya lain lagi. "bagi artikel sulap terbaik yang kirim akan mendapatkan sebuah ebook gratis, dan akan di postingkankan di blog ini" . Terserah cara apa yang akan kamu lakukan kang salman yakin kamu punya ide yang lebih bagus lagi.
  6. Buat headline yang memikat. Headline atau judultulisan jadi salah satu faktor penentu banyak tidaknya pengunjung yangtertarik dengan blog kamu. Kenapa? Ya karena siapaun yang ingin join diblog pasti membaca judul tulisannya dulu kan. Betapapun menariknyacontent yang kamu buat  kalau judulnya tidak memikat hati pengunjng, ya sia-siasaja. Nah, untuk membuat judul tulisan yang mematikan, kamu bisabelajar dari blog lain. Perhatikan saja judul-judul yang ada diblog-blog terkenal. Pelajari apa yang membuat judul itu bisa memikat kamu untuk membukanya. Lalu silakan meniru model judul yang membuat kamu terpesona ini.Apa mereka banyak memakai kalimat tanya, memakai judul Bagaimanah apa, dimana dll, dengan memakaikalimat imperatif kah atau malah judulnya singkat seperti headline koran? Terserah deh mau pilih yang mana.
  7. Fokus pada hal yang penting saja. Janganmerepotkan diri kamu dengan hal-hal yang tidak memberi manfaat banyakuntuk meningkatkan traffic blog kamu. Contoh sederhananya, kamu terlalu asyik mencari gambar yangsempurna untuk blog atau posting blog km atau bahkan widget. Terus misalnya kamu terlalu lama mendesain layout danmengutak-atik format halamannya. walah berabe banget tuh..! Tentukanlah apa yang paling pokok untuk blog kamu? Dan fokus pada hal yang penting ini saja.Jangan buang waktu kamu dengan aktivitas yang membuat kamu terlena.Kalau bagi kang salman sendiri menulis content dan berinteraksi dengan pembacaitu dua hal yang lebih penting dari apapun. Jadi saya minimalkan sajaaktivitas yang tidak berkaitan dengan dua hal ini. Sehingga saya bisamenggunakan waktu saya yang lain untuk hal yang lebih produktif.
http://asksalman19.blogspot.com
Refrensi : Mas jokosuliso.com

Ingin mendapat penghasilan tambahan? Cara kerja mudah hanya dengan melakukan survey dan mengisi angket lalu anda akan di bayar. Itulah pekerjaan anda disini <= klik untuk daftar dan memanen uang $ seperti saya. Gratis 
Dapatkan update artikel  terbaru kami langsung ke email anda.  

0 komentar:

Poskan Komentar

give your comment here, please do not spam

 
My Big Dream powered by XXZ