Kamis, 25 Maret 2010

8 Hal Penting Dalam Mendesain Suatu Blog/Website Yang Baik

Apabila ini mengenai website/Blog anda, perlu adanya perhatian penuh untuk setiap detail agar memperoleh hasil yang optimal dan dapat berjalan sesuai dengan yang anda inginkan. Berikut 8 hal yang perlu anda ketahui dalam merancang sebuah website atau cara menghias blogger.

1. Jangan menggunakan Splash Page / Halaman Selamat Datang

Splash page adalah halaman awal yang ada lihat apabila mengunjungi sebuah website. Umumnya sebuah gambar dengan tulisan "Welcome /Selamat Datang" atau "Click here to enter". Faktanya hal ini tampil begitu-begitu saja tanpa ada kegunaan yang pasti. Jangan biarkan pengunjung anda memiliki alasa untuk menutup website anda / meng-klik tombol "Back". Berikan pengunjung anda isi dari website anda tanpa ada halangan sebuah splash page.

2. Jangan menggunakan banner iklan berlebihan

Meskipun rata-rata pengguna internet telah terlatih untuk mengabaikan iklan banner sehingga mereka tidak akan tertarik dengan iklan yang berlebihan. Sebaliknya, sediakan konten iklan yang relevan dengan konten website anda, dan biarkan pengunjung anda yang merasa butuh untuk membeli, bukan dipaksa untuk membeli.

3. Gunakan navigasi menu yang jelas dan sederhana

Anda perlu menyediakan navigasi yang sederhana dan navigasi yang langsung ke tujuan, jadi meskipun anak kecilpun akan dapat menggunakannya. Jauhi navigasi berbasis Flash yang rumit atau multi drop-down menu yang rumit. Apabila pengunjung web anda kesulitan menggunakan navigasi web anda, mereka akan meninggalkan website anda.

4. Miliki indikasi yang jelas dimana user berada

Saat pengunjung sedang asyik browsing website anda, anda tentu ingin mereka betul-betul mengetahui bagian dari website dimana mereka berada. Dengan itu, mereka akan dapat mengakses informasi yang relevan dan mengakses tiap bagiannya dengan mudah. Jangan buat bingung pengunjung anda saat browse. 

5. Hindari menggunakan suara pada website anda

Apabila pengunjung ingin tinggal cukup lama di website anda, membaca konten disana, anda tentu ingin pastikan bahwa mereka tidak terganggu dengan suara musik yang berulang-ulang di web anda. Apabila anda tetap memaksakan adanya suara musik, pastikan terdapat kontrol untuk mematikan atau mengurangi volume suara musik.

6. Hidari banyak menggunakan widget atau fitur flash

Apabila anda termasuk admin yang hoby menghias blog anda karena ingin berbeda dengan blog atau website lain. atau hanya untuk melengkapi perlengkapan di situs anda STOP! disitu. banyak pengunjung yang kecewa dengan loading situs anda. dan akan meninggalkan situs anda lalu beralih ke blog/website lain. Gunakanlah fitur-fitur sederhana dan jangan terlalu berlebihan untuk menghias blog/website anda

7. Jangan gunakan widget pelacak IP dsb

Apakah dengan memasang ini bermanfaat bagi anda? banyak orang yang terjerumus dalam persepsi yang salah dengan memasang widget pembaca atau pelacak IP pengunjung dan 80% dari mereka membuang tempat dengan sia-sia. hentikan sekarang juga! banyak sekali orang di luar sana yang tidak suka gerak-gerik mereka di awasi. memasang widget peacak IP bukan menambah keren blog atau website. tetapi menjadi beban bagi loading. widget semacam ini lebih baik di pakai di website yang menangai client dalam jumlah yang sangat besar.

8. Gunakan panduan warna yang baik

Bila anda ingin membuat pengunjung anda nyaman dan datang lagi, berikanlah pelayanan yang baik dengan memberikan penampilan yang baik dan dan tertata rapih. jangan menajadikan website/blog anda mirip seperi kandang ayam yang acak-acakan yang penuh banner/widget yang tertata dengan tidak rapih. gunakanlah tamplate yang biak, dan paduan warna yang baik sehingga tidak membuat mata pengunjung anda pusing

Refrensi : www.visigraphic.com
di revisi oleh : kang salman - asksalman19.blogspot.com

Dapatkan update artikel  terbaru kami langsung ke email anda.  

0 komentar:

Poskan Komentar

give your comment here, please do not spam

 
My Big Dream powered by XXZ