Sabtu, 06 Maret 2010

Optimalisasi SEO ala Kang Salman

SEO adalah suatu cara yang di lakukan oleh Web Master ataupun Blog master untuk mengoptimalkan situs ataupun blog mereka agar mendapatkan rangking yang baik pada search engine atau mesin pencari. Tips SEO ini saya dapat dariblog Suhu kang Rohman yang telah saya sempurnakan lagi serta murni pengalaman saya pribadi.19 Cara Cepat Meningkatkan Alexa Rank.


Tipsnya adalah berikut ini :
1. Original Content / isi yang orsinil.
Hal pertama yang harus di ingat agar blog anda mendapatkan rangking yang bagus pada mesin pencari adalah isi dari blog anda adalah orsinil buah karya tulisan anda sendiri atau dengan kata lain bukanlah hasil copy paste dari hasil karya orang lain. Selain sebagai optimalisasi terhadap mesin pencari, tindakan copy paste sering mengundang permasalahan dari pemilik asli karya tersebut, apalagi yang anda copy paste tersebut di lindungi oleh undang-undang atau dengan kata lain copyright, anda bisa benar-benar akan mendapatkan masalah yang serius.

2. Memasang Mete tag
Untuk cara memasang meta tags dapat dilihat disini Super Meta Tag

3. Pasang keyword meta Tags yang sesuai dengan isi blog anda.

4. Pemilihan template blog yang baik.
Yang di maksud dengan memilih template yang baik di sini antara lain template yang kita pakai yang pertama kali di loading adalah bagian posting bukan bagian sidebar apalagi bagian footer. Apabila anda jeli, ketika anda membuka blog milik saya ini maka yang terbuka pertama kali adalah bagian header kemudian bagian posting, lalu bagian sidebar dan terakhir adalah bagian footer. Jika anda mengalami hal sama dengan yang saya tulis tadi, maka hal tersebut terjadi pula pada spider mesin pencari, ketika crawler mesin pencari menyambangi blog anda, bagian yang di crawler alurnya seperti yang saya tulis tadi. Nah apabila blog anda yang di akses adalah bagian sidebar terlebih dahulu maka dapat di pastikan blog anda akan kalah posisi dengan blog yang di aksesnya bagian posting nya dahulu.
Untuk hal ini tentu saja tergantung dari sang desainer template dalam hal menempatkan kode posting di tempatkan pada posisi di atas sidebar atau di bawah sidebar.

5. Sebaiknya jangan memilih template yang sidebarnya berada di sebelah kiri serta kanan.
Apabila anda menggunakan template yang 3 kolom yang sidebar nya berada di sebelah kiri serta kanan, maka dapat di pastikan yang pertama kali di loading adalah sidebar yang di sebelah kiri dahulu kemudian bagian posting. Berbeda halnya dengan template 3 kolom yang kedua sidebarnya berada di sebelah kiri ataupun keduanya di sebelah kanan, karena walaupun kedua sidebar berada di sebelah kiri, kode posting masih bisa di tempatkan di atas kode sidebar dengan mengatur kode float pada template.

6. Jangan terlalu sering mengganti template.
Terlalu sering anda menganti-ganti tamplate akan berdampak pada posisi anda di google dan mesin pencari lain. mengapa karena anda membuat mereka bingung sebenarnya anda amu apa, salah-salah anda di anggap spam dan di banned

7. Jangan terlalu menjejali sidebar kiri dengan data yang berat.
Nah buat sobat-sobat yang suka mempercantik blognya saya sarankan alihkan sidbar anda ke halaman khusus. jgn measang jam kaleder atau apalah disebelah kiri karena itu aka memperlambat loading blog anda
logikanya :
Jika anda terlalu cinta dengan template 3 kolom yang sidebar nya berada di sebelah kiri serta kanan, maka sebaiknya jangan terlalu menjejali sidebar kiri dengan data yang berat. Data yang di kategorikan berat misalnya banner atau gambar, animasi, javascript, dan lain-lain. Jika anda menyimpan data yang terlalu berat di bagian sidebar kiri, maka pada saat crawling oleh mesin pencari akan sangat susah mencapai kepada isi postingan anda, sehingga posisi anda akan di kalahkan oleh blog yang postingannya lebih dahulu di crawling. Jadi sebaiknya yang di simpan di sebelah kiri adalah hanya tulisan-tulisan biasa yang ringan untuk di akses/loading.

8. Pergunakan huruf tebal, miring, atau garis bawah.
Penggunaan hurup tebal, miring, atau garis bawah pada keyword-keyword yang dirasa penting pada postingan sangatlah baik untuk optimalisasi mesin pencari. Misalkan postingan kita membahas tentang free template, maka pada tulisan –tulisan free template tersebut kita cetak secara tebal, miring, atau garis bawah. Namun walaupun demikian janganlah menebalkan suatu tulisan yang sama terlalu banyak pada satu postingan karena bisa di anggap spam oleh mesin pencari dalam hal ini adalah google, jadi ya yang wajar saja.

9. Selalu gunakan tag "alt" pada kode gambar.
Mesin pencari pada umumnya tidak terlalu mengerti makna dari sebuah gambar, maka dari itu perlu menambahkan kode "alt" pada kode gambar anda. Tag "alt" adalah merupakan kepanjangan dari "alternatif", jadi mesin pencarie akan lebih mengenali maksud gambar anda apabila memakai tag "alt".

10. Jangan membuat hidden text atau hidden link.
Yang dimaksud dengan hidden text atau hidden link adalah membuat sebuah text atau link berwarna sama dengan backgroundnya sehingga tidak terlihat oleh pengunjung blog. Jadi untuk yang satu ini jangan di lakukan, sebab akan membuat google murka terhadap blog anda karena di anggap menipu mata pengunjung.

11. Usahakan agar blog anda di link oleh banyak blog atau website.
Semakin banyak blog atau situs membuat link ke blog anda, maka semakin baik pula penilaian mesin pencari terhadap blog anda, dan yang lebih baik lagi apabila blog anda di link oleh yang mempunyai page rank yang tinggi.

12. Buatlah antara suatu postingan tertaut (linking) dengan postingan yang lain di bloganda.
Salah satu usaha yang bisa dilakukan oleh anda sendiri adalah antara suatu postingan yang satu terkait dengan postingan yang lain, misalkan saya sering menuliskan kata-kata yang mengandung link seperti silahkan baca di sini, silahkan baca postingan ini, dan lain-lain sehingga antara postingan yang satu dengan yang lainnya jadi saling nge link.

13. Usahakan jangan ada link yang rusak (broken link).
hal ini memang sedikit sulit untuk memperbaikinya terlebih jika ostingan kita udah banyak sulit sekali mencarinya. namun anda jangan kuatir saya dulu sudah membuat sedikit tutorial yang bisa membantu ada, tinggal bagaimana anda mengembangkannya.Cara Menghapus Halaman Yang Sudah Terindex di Google

14. Selalu perbaharui (update) blog anda dengan postingan yang baru.
Hal ini salah satu kunci paling ampuh bahkan seorang seo pun bisa terjungkal oleh seorang yang mengunakan seo standard. (rajin memposting)  

Sudah dulu ya...^_^

Refrensi :
 -  kolom-tutorial.blogspot.com
 -  www.o-om.com
 -  www.cinta-seo.co.cc

Baca Juga:
 -  Kiat-Kiat Optimasi Di Kontes SEO
 -  Masalahan Dalam Search Engine Optimizetion (SEO)
 -  Optimasi SEO Di Dalam Situs Sendiri 
 -  SEO 47 King Of Search Engine (47 Cara Menjadi Raja Di Mesin Pencari)

Post By Kang Salman

0 komentar:

Posting Komentar

give your comment here, please do not spam

 
My Big Dream powered by XXZ