Rabu, 22 Juni 2011

Blogilicious van Bandung : Catatan Sejarah Tak Terlupakan

Blogilicious van Bandung : Catatan Sejarah Tak Terlupakan. Tua, muda, pria dan wanita ikut serta meramaikan acara ini yang diselenggarakan oleh idblognetwork, perusahaan digital marketing yang berspesialisasi melayani Campaign dari Perusahaan Perusahaan atau Corporate yang di pasarkan melalui Jaringan Blogger Blogger di Indonesia. Tujuan utama diadakannya Event ini adalah untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, serta membangkitkan kembali semangat ngeBlog di Indonesia khususnya Kota Bandung. Berlangsung pada hari
Minggu 19 Juni 2011 pukul 08.30 - 16.30 WIB. Terlepas blogger atau bukan, member atau belum semuanya begitu antusias mengikuti acara ini Blogilicious van Bandung.

Tips Blogging - Etika NgeBlog - Social Media - Blog Entepreneur - Mobile Blogging - SEO - Blog Monetizing.


Bertama Ngeblog itu Fun dan Ngeblog itu Funky. Disana kita diajarkan bagaimana cara ngeblog yang baik, serta berkualitas karena blog yang berkualitas adalah sarangnya uang, saya terkesima dengan satu bait kata dari infokitaazone.blogspot.com "Bukan Nyari duit dari nge-Blog, Tapi dari nge-blog bisa dapet duit!". Acara ini dimulai dengan Tips Blogging yang dibawakan oleh Kang Ikhlasulamal. Disesi ini kita diajarkan mengenai bagaimana sih memaksimalkan blog kita dan memanfaatkan peluang yang ada, serta berpikir cerdas terhadap situasi yang ada sebagai contoh adalah foto. Banyak dari kita yang kurang memperhatikannya padahal menurut Kang Ikhlasulamal, bagian ini belum di garap oleh orang-orang, padahal fitur ini sangat penting dalam search engine. Yang saya ingat sekali, kang Ikhlasulamal mengajarkan trik optimasi pada foto, salain itu disana juga peserta diajarkan bagaimana sih cara ngeblog yang baik sehingga kita jadi fun sama aktifitas ngblog kita. ada sebuah pelajaran yang saya tangkap selain optimasi foto, kitapun sebagai seorang blogger harus mempunyai tujuan dan target. Tujuan dan target itulah yang akan mengubah kita menjadi seorang blogger yang sukses. Tidak harus muluk-muluk, cukup meluangkan waktu 1 jam saja sehari untuk belajar atau membuat artikel asalkan ini dilakukan secara teratur insya Allah sukses dan jangan lupa untuk terus melakukan promosi, kalau kata pepatah kita ingin dikenal oleh orang lain maka kitapun harus mengenal orang lain. 

Tips Blogging - Ikhlasulamal

Selanjutnya diisi dengan sesi Etika NgeBlog. Beliau adalah seorang dosen yang suka ngeblog. Para peserta diajarkan mengenai cara berpikir dan memaknai kejujuran dalam berblog serta norma-norma yang harusnya ada pada seorang blogger yang cinta damai. Sesi ini dibuka dengan memperkenalkan secara garis besar apa itu undang-undang ITE dan bagaimana cara kita memaknainya. Lalu diikuti dengan tips trik bagaimana cara menjadi seorang blogger yang beretika baik dan santun.

Etika Blog - Ibu Ajeng
Saya sendiri sangat tertarik dengan materi yang disampaikan Ibu Ajeng yang punya julukan "Ajengkol ini", sederhana, lugas, cerdas, dan cermat.

Sosial Media - dibawakan oleh mbak wiwik, yang bekerja sampingan sebagai buzzer perusahan-perusahan ternama di Indonesia. Inti dari penjelasannya sendiri adalah bagaimana memanfaatkan sosial media khususnya twitter untuk menghasilkan uang dari sana, hanya dengan ngetweet misalnya "bro koneksi internet Flash gw malam ini kenceng banget". kita akan di bayar, namun tentu untuk menjadi buzzer kita harus punya follower yang berjibun klo saya lihat milik mbak wiwiek di atas 15rb follower di akun twitternya @wiwikwae. 

Dengan media Sosial kita pun dapat menghasilkan ide untuk bahan posting dengan membaca pergerakan trand-trend yang ada. Di sana pun mbak wiwik memberikan contohnya melalui sebuah aplikasi di situs hootsuite.com dengan aplikasi ini kita dapat menggabungkan berbagai update dan trand jejaring sosial kita hanya dengan satu layar. Selain itu Mbak wiwik pun menjelaskan sebuah produk  idblognetwork yang sangat menarik yaitu Job Tweet, hanya dengan nge tweet aja kita bisa mendapatkan uang Rp 150.000 untuk setiap tweetnya, dan syaratnya sendiri minimal kita punya 500 Follower. 

Sosial Media - Mbak Wiwik

Berniaga.com - adalah sebuah sesi yang memperkenalkan situs berniaga.com dibawakan oleh direktur utama berniaga Bpk. Julian Gafar. Dalam materinya Pak Julian membuka pertanyaan kepada peserta tentang perbedaan antara portal belanja online dan eCommerce itu seperti apa sama atau tidak? satu persatu peserta menjawab ada yang menjawab sama ada yang tidak. Setelah itu beliau meluruskan kalau keduanya itu berbeda dibarengi dengan contoh dan aplikasinya masing-masing. 

Berniaga.com - Julian Gafar
Berniaga.com - Julian Gafar
Kemudian Bpk Julian Gafar pun mengumpas tuntas apa itu berniaga.com, sejarah berdirinya, fitur-fiturnya apa saja di dalamnya, lalu keunggulan-keunggulannya dari portal belanja online yang lainnya. Saya sendiri paling suka dengan berniaga.com karena lebih mudah di gunakan, apalagi dengan fitur wilayahnya. Misal saya klik map jawa barat, maka semua barang dagangan akan muncul di wilayah itu. Dan ini mengefisienkan waktu bagi saya calon pembeli untuk memilih barang, serta biaya transfortasi atau pengiriman barang yang lebih hemat. Kelebihan lainnya kita dapat menentukan sendiri target pasar mana yang akan di tuju sehingga penjualan menjadi lebih aman, efisien, dan efektif. silakan kunjungi situs resminya di www.berniaga.com

Blog Entepreneur - sesi ini dibawakan oleh seorang blogpreneur sukses Bpk. Rawi Wahyudiono Sesuai materi yang di bahas, adalah bagaimana menjadikan seorang blogger menjadi pengusaha untuk dirinya sendiri, kalau saya menangkapnya sendiri sebagai bagaimana cara kita agar jadi usahawan di dunia blogger dan menghasilkan pekerjaan hanya dengan ngeblog. Materi yang disampaikan menyenangkan karena menumbuhkan semangat serta ide-ide baru dalam menjalani blogging. Saya sendiri sangat antuisias dengan sesi ini. 

Blog Entepreuner - Rawi
Mobile blogging - sesuai dengan namanya bagaimana membuat aktifitas blog mobile, jadi ngeblog itu ga harus di komputer/laptop bisa juga loh di jaringan mobile seperti WAP pada perangkat telepon. Disana kita diajarkan oleh Mas Kuncoro bagaimana membuat sebuah blog mobile lengkap dengan step-stepnya, lalu bagaimana cara mobile blogging yang baik seperti posting dan promosinya lengkap dengan step-step nya. Mas Kuncoro juga mengajarkan kita cara menfaatkan blog mobile tersebut agar dapat dikunjungi banyak orang. 
Mobile Blogging - Mas Kuncoro
Komunitas Blogger Asean - Saya tidak menyangka kalau awal materi ini diawali dengan sebuah video animasi yang menceritakan pertemanan, relasi dan persahabatan. Animasi yang di tampilkan sangat menarik dan lucu. Dan makna dari tayangan animasi itu adalah begini loh misi dirikiannya Blogger Asean 10 Mei 2011 ini. Dan deklarasi nya dapat kita lihat lengkap di sini. Saya sendiri berharap dengan adanya komunitas ini kita bisa saling berkenalan dengan para blogger lintas negara. berbagi pengalaman dan wawasan. Asik ya?


Pak Aris Heru - Blogger Asean
3 Tokoh di Film Animasi - Pak Aris Heru - Asean Blogger 
SEO - Pengenalan istilah SEO dan segala macam didalamnya. disini kita kenalkan tentang SEO dasar yaitu metatag deskripstion serta pengaruhnya tehadap sebuah blog dan trafik. lalu bagaimana dengan SEO tersebut kita bisa menghasilkan pengunjung yang banyak ke situs kita. Disini Peserta dikenalan dengan istilah-istilah dasar SEO Macam-macam mesin pencari dengan Dmoz sebagai motor utamanya search engine termasuk google di dalamnya. Materi yang disampaikan sangat bagus walaupun saya perhatikan beberapa peserta tampak garuk-garuk kepala kebingungan, maklum soalnya baru mengenal istilah SEO dalam blog. Namun saat di tanyakan oleh saya kepada salah satu peserta sedikit-sedikit mereka mulai memahainya. 

SEO - Agus Hery

Disini pun Kang Agus mengenalkan peserta beberapa trik mengenai bagaimana menghasilkan pengunjung yang banyak dari pemanfaatan SEO. dengan teknik-teknik yang mempupuni, mulai dari cara menyusun meta tag, lalu memilih judul, lalu deskripsi, cara menulis artikel yang baik, serta cara membangun internal link dan external link secara singkat. 


Blog Moneytize - Sesuai namanya materi ini mengajarkan pada kita kalau blog pun bisa menghasilkan uang. disini kita di ajarkan  bagaimana sih cara mengasilkan uang lewat blog?, bagaimana sih mengubah tulisan kit jadi duit?, serta bagaimana mengubah pengunjung menjadi mesin uang?. Dengan memanfaatkan peluang-peluang yang ada di Internet khususnya idblognetwork. Peserta pun dikenalan dengan Idblognetwork digital media networking terdepan dan terpercaya, dengan segala sesuatu yang ada di dalamnya, yang pastinya acara ini seru banget dan para peserta terlihat sangat antusias termasuk saya di dalamnya.

Blog Monetize - Mbak Mubarika Feet Kukuh TW
Mbak Mubarika dan  Amril Taufik Gobel

Acara ini diadakan untuk membangun sumber daya blogger indonesia, bagaimana sih menjadi blogger sehat, serta bagaimana sih cara agar kegiatan ngeblog itu menyenangkan, serta Funky dan yang penting kita bisa mengubah blog kita menjadi mesin uang yang halal dan cerdas. Acara ini berlangsung sangat meriah walaupun diawal-awal sempat ngaret tapi semangat blogger tidak bosan menunggu. terbukti dari 6 panitia yang mengurus acara ini berhasil mendapat banyak perhatian banyak perserta dari berbagai golongan usia dan gender. Mulai yang paling muda anak SMP sampe kakek-kakek pun juga ada grin Oh ya acara ini pun dihadiri oleh banyak kaum perempuan loh lihat aja nih foto-fotonya yang berhasil saya abadikan :


ISOMA

Suasana penuh ceria dan tawa

Suasana Coffe Break


Blogger wanita pun tidak mau kalah loh hadir disini 

Teman baru

Santai tapi serius

Quiz - Diakhir acara pukul 04.10 merupakan saat-saat yang menegangkan karena diadakan kuis berhadiah 4 juta rupiah untuk 4 orang pemenang kebetulan saya terlilih menjadi calon nominasi pemenang grin walaupun pada akhirnya saya tidak berhasil membawa pulang hadiah job review senilai 1 juta rupiah, disana saya mendapat sebuah pengalaman dan pandangan baru setelah melihat seorang blogger yang membuat saya mengancungkan jempol penuh semangat di hati.

Mbak Mubarika Feet Kukuh TW - Tanya Jawab
Terlepas dari segala kekurangan yang terjadi baik teknis dan non teknis.  Saya ucapkan terima kasih pada IdBlogNetwork : Kang Kukuh TW sareng Teh Mubarika atas dukungan, ilmu dan pengalaman yang telah dibagikan kepada kami, panitia seperjuangan saya di Bandung Agus Hery, Ade Truna, Tsani, Bang Aswi, Kang Indra, serta kapada seluruh peserta seminar yang telah hadir meluangkan waktunya diacara ini. Saya merasa setelah melihat minat blogger dan non-blogger diacara ini, Idblognetwork telah menebarkan pesona baru bagi blogger indonesia khususnya di Bandung untuk membuka lembar baru dalam dunia blogging yang mereka geluti selama ini, juga berhasil menumbuhkan keinginan tahuan pemula dan non-blogger untuk memulai membuat blog sungguh-sungguh karena ngeblog itu enak dan funky.

Insya Allah kabarnya acara ini akan diadakan kembali di beberapa kota di Indonesia. Bagi anda yang tidak sempat hadir karena berhalangan, tersesat atau terlambat mengetahui informasi jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan berikutnya. Setelah melewati perjalanan yang panjang malam ini, sejarah yang tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup dalam dunia blogging adalah Blogilicouis van Bandung.


Blogilicious van Bandung

Jangan asal copy paste! baca aturannya disini
Post By Kang Salman
www.kucoba.com

0 komentar:

Poskan Komentar

give your comment here, please do not spam

 
My Big Dream powered by XXZ