Sabtu, 11 Juni 2011

Panduan Dasar Google Analytics + Tracking Artikel

Pengenalan Google Analytics. Google analiytics merupakan salah satu tool yang paling banyak digunakan di internet, Namun di kalangan blogger indonesia tersendiri google analytic tidak begitu terlalu populer atau di manfaatkan karena banyak dari mereka berkomentar rumit, sehingga mereka memilih pengada statistik web lain yang lebih simple misalnya hitstats, statcounter, atau sitemeter dll. Namun taukah anda siapa yang memiliki fitur paling lengkap dan juga free?
klik tulisan yang di lingkari diatas untuk membuka / membaca laporan google analytics

Tampilan Dasboard utama google analytics
Perhatikan angka yang saya tandai merah di atas!
1. Visitor
Menu ini berfungsi untuk memindai segala sesuatu kegitan yang dilakukan oleh pengunjung situs kita. Overview merupakan laporan secara keseluruhan dari data Visitor mulai dari berapa kali dikunjungi, berapa kali dibaca, berapa lama orang membaca di situs Anda, rata-rata kunjungin, berapa banyak pengunjung unik yang datang sampai dengan browser apa yang paling banyak digunakan oleh pengunjung saat membuka situs Anda.


3. Trafic Source
Merupakan laporan secara keseluruhan dari statistik kunjungan kesitus anda, datang dari mana, mesin pencari, sosial directory, dll. Disini kita bisa menganalisis dan menilai dari manakah kunjungan terbesar kita berasal, jika yang sudah besar dari mesin pencari berarti tinggal diperhahankan, dan bagi yang masih kecil dari katagori lain seperti sosial directory atau direct site (kunjungan langsung kesitus anda dengan menuliskan domain anda saja) contoh kucoba.com


4. Content
Merupakan laporan secara keseluruhan dari content-conten yang berada disitus kita, mulai dari artikel manakah yang paling banyak di baca (top conten), disini ada beberapa pengkatagorian berdasarkan :


1. Content of title: jika anda klik ini, maka untuk mendapat laporan datanya cukup dengan menulis judul artikel yang ada buat di kolom yang sudah disediakan. lihat gambar dibawah:

2. Content drildown: tetap menampilkan berapa banyak artikel yang dibaca hanya saja berdasarkan pengkatagorian tahun. lihat gambar di bawah:
Copyright kucoba.com
3. Top Exit Page: adalah laporan langkap mengenai halaman atau link manakah yang paling populer di klik distus kita, biasanya pengunjung yang meninggalkan blog kita.
Jawabnya tentu tertuju pada google analytics. kang salman akan coba tulis perbandingannya untuk anda.

Membuat Tracking Artikel
Dalam Pengenalan Google Analytics  kang salman juga akan mengajarkan bagaimana cara melakukan Tracking Artikel di Google Analytics.  Tracking artikel adalah suatu cara untuk memperoleh data dari sebuah artikel, tujuannya untuk melihat berapa kali artikel itu dibaca dan dikunjungi oleh para User, tracking ini sangat berguna sekali bagi kita, entah itu sekedar iseng, atau bagi mereka yang membutuhakan data ini  (biasanya Job Review dari advertiser akan meminta ini) menurut pangalaman kang salman sediri Idblognetwork merupakan salah satu advertiser yang membutuhkan data ini. Jadi bagi anda yang kebagian job review maka harus memahami cara penggunaan tracking artikel ini dengan baik.

Untuk tracking artikel sendiri ada 2 cara yang paling banyak digunakan (kang salman),
  1. Tracking artikel berdasarkan "Content of Title" 
  2. Tracking artikel berdasarkan "Top Landing Page"
1. Content of Title
Seperti yang sudah kang salman bahas di atas, cara penggunaannya hanya dengan cukup klik menu content of title > copy judul artikel yang sudah dibuat,tanpa terpotong ke kolom yang di tandai merah di bawah > klik GO


Copyright kucoba.com
Akan ada laporan seperti gambar di bawah ini :
Copyright kucoba.com
Disana terlihat dengan jelas laporannya berapa kali artikel ini dibuka dan di baca

2. Top Landing Page
Dari kata-kata di atas top landing page sendiri diartikel sebagai artikel paling baca di kunjungi / dibaca, namun kita juga bisa memanfaatkannya untuk melakukan tracking artkel tertentu, caranya dengan mengcopy permalink artikel kita, contoh :
   /2011/06/indosat-mobile-pilihan-mudah-dan-murah.html (Benar)
   http://www.kucoba.com/2011/06/indosat-mobile-pilihan-mudah-dan-murah.html (Salah)

Masukan permalink tersebut ke kotak merah sepeti contoh di bawah ini, lalu klik GO
Copyright kucoba.com
Nah sahabat informasi maya, demikianlah pengenalan pertama dari Google Analytics Insya Allah akan dilanjutkan lagi di versi selanjutnya di Panduan Google Analytics II

Semoga bermanfaat.

Jangan asl copy paste! baca aturannya disini
Post By Kang Salman
www.kucoba.com

Ingin mendapat penghasilan tambahan? Cara kerja mudah hanya dengan melakukan survey dan mengisi angket lalu anda akan di bayar. Itulah pekerjaan anda disini <= klik untuk daftar dan memanen uang $ seperti saya. Gratis
Dapatkan update artikel  terbaru kami langsung ke email anda.  

0 komentar:

Poskan Komentar

give your comment here, please do not spam

 
My Big Dream powered by XXZ