Rabu, 08 Desember 2010

CSS Kompres Tool


Perlu anda ketuhui kecepatan loading blog menjadi salah satu faktor SEO dan penilaian search engine kepada situs kita jika anda ingin memiliki posisi yang bagus di mesin pencari maka buanglah segala pernak-pernik yang membuat situs menjadi lama untuk di buka, seperti widget flash, atau foto dengan size yang besar dan kurangi penggunaan javascript. 


Blog kucoba.com ini mungkin dapat dikategorikan sebagai blog yang cukup berat, sebab banyak sekali menggunakan javascript terutama pada bagian "Halaman Home". Oleh sebab itu saya seringkali berusaha melakukan kompresi untuk sedikit mempercepat loading blog tanpa merubah tampilan blog ini. Dibawah ini ada beberapa online tools yang sering saya pakai untuk melakukan kompresi pada blog ini:


1. CSS Compessor - Situs: CSS Drive
CSS compessor adalah untuk merapihkan dan menghilangkan spasi yang tidak terpakai pada kode CSS, hal ini dilakukan agar kode CSS lebih mudah dibaca saat blog kita dibuka. Untuk lebih jelasnya silahkan baca di postingan



2. HTML Compressor - Situs: Boryi.com
Fungsi dari HTML compressor tidak jauh berbeda dari CSS compressor, HTML compressor digunakan untuk merapihkan kode HTML pada blog kita.



3. JavaScript Compressor - Situs: Dean Edwars
Memasang JavaScript pada blog seringkali membuat loading blog menjadi berat, hal ini disebabkan biasanya kode javascript di hosting di luar blogger. Tapi, salah satu faktor lain kenapa kode javascript sering membuat loading blog menjadi berat adalah penyusunan kode javascript yang acak-acakan. Mungkin teman-teman sering memasang kode javascript dari penyedia widget seperti widget recent post, popular post dan sebagainya. Tapi pernahkah teman-teman memeriksa kode javascriptnya? coba perhatikan code javascript "menu tabview" pada sidebar blog ini sebelum di kompres:


function tabview_aux(TabViewId, id)
{
var TabView = document.getElementById(TabViewId);

// ----- Tabs -----

var Tabs = TabView.firstChild;
while (Tabs.className != "Tabs" ) Tabs = Tabs.nextSibling;

var Tab = Tabs.firstChild;
var i = 0;

do
{
if (Tab.tagName == "A")
{
i++;
Tab.href = "javascript:tabview_switch('"+TabViewId+"', "+i+");";
Tab.className = (i == id) ? "Active" : "";
Tab.blur();
}
}
while (Tab = Tab.nextSibling);

// ----- Pages -----

var Pages = TabView.firstChild;
while (Pages.className != 'Pages') Pages = Pages.nextSibling;

var Page = Pages.firstChild;
var i = 0;

do
{
if (Page.className == 'Page')
{
i++;
if (Pages.offsetHeight) Page.style.height = (Pages.offsetHeight-2)+"px";
Page.style.overflow = "auto";
Page.style.display = (i == id) ? 'block' : 'none';
}
}
while (Page = Page.nextSibling);
}

// ----- Functions -------------------------------------------------------------

function tabview_switch(TabViewId, id) { tabview_aux(TabViewId, id); }

function tabview_initialize(TabViewId) { tabview_aux(TabViewId, 1); }

Dibawah ini kode javascript setelah di kompres:


function tabview_aux(TabViewId,id){var TabView=document.getElementById(TabViewId);var Tabs=TabView.firstChild;while(Tabs.className!="Tabs")Tabs=Tabs.nextSibling;var Tab=Tabs.firstChild;var i=0;do{if(Tab.tagName=="A"){i++;Tab.href="javascript:tabview_switch('"+TabViewId+"', "+i+");";Tab.className=(i==id)?"Active":"";Tab.blur()}}while(Tab=Tab.nextSibling);var Pages=TabView.firstChild;while(Pages.className!='Pages')Pages=Pages.nextSibling;var Page=Pages.firstChild;var i=0;do{if(Page.className=='Page'){i++;if(Pages.offsetHeight)Page.style.height=(Pages.offsetHeight-2)+"px";Page.style.overflow="auto";Page.style.display=(i==id)?'block':'none'}}while(Page=Page.nextSibling)}function tabview_switch(TabViewId,id){tabview_aux(TabViewId,id)}function tabview_initialize(TabViewId){tabview_aux(TabViewId,1)}
Hampir semua kode javascript yang ada di blog saya selain ini di compress dan saya hosting ulang agar sedikit mempercepat loading javascript yang saya pasang. Untuk tips gratis menghosting javascript akan saya bahas pada postingan berikutnya.



4. Image Compressor - Situs: Dynamic Drive
Image compressor berfungsi untuk mengkompres ukuran gambar, sebenarnya saya lebih sering menggunakan Photoshop untuk mengkompres gambar, tapi buat teman-teman yang tidak terbiasa dengan Photoshop silahkan menggunakan layanan dari Dynamic Drive.

Mudah-mudahan beberapa online tools di atas bisa bermanfaat buat teman-teman blogger semua..


Backlink gratis untuk sahabat: 
Ihsan


Jangan asal copy paste, baca aturanya di sini !
Post By Kang Salman
http://asksalman19.blogspot.com


Ingin mendapat penghasilan tambahan dari blog? Bergabung dan jadikan blog anda sebagai ladang uang bagi dompet anda setiap bulan. Cukup pasang banner saja! Daftar =>  Klik Disini <= klik!  untuk memanen uang $ seperti saya. Gratis!!
Dapatkan update artikel  terbaru kami langsung ke email anda.  

0 komentar:

Posting Komentar

give your comment here, please do not spam

 
My Big Dream powered by XXZ