Senin, 25 Juli 2011

Faktor 5W untuk membangun sebuah artikel

Akhirnya akses internet di daerah pegunungan di Purwakarta bisa didapatkan juga, setelah tiga jam lebih mencari akses Internet. Setelah lancar dan cek Ping Akses, akhirnya saya memutuskan untuk Posting artikel ini. Artikel ini saya tulis setelah melakukan Blog Walking terlebih dahulu. Ide menulis pun begitu cepat menghinggap di kepala Anak Desa.

Faktor 5 W (What, Where, When, Who, Why + How) yang akan anda baca di Blog Anak Desa ini adalah suatu Faktor untuk penulisan artikel berita/jurnal. 5W ini biasanya dijadikan sebuah patokan untuk penyusunan sebuah artikel agar bisa memberikan sebuah gambaran berita kegiatan secara nyata, walaupun hanya dalam bentuk tulisan. Tujuannya agar si Pembaca ikut merasakan dan mengetahui apa yang diberitakan atau dikabarkan dalam tulisan tersebut. Di Blog Anak Desa ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai ke-5W tersebut. Walaupun hanya sedikit dan tidak sama persis dengan arti sesungguhnya, saya berusaha untuk terus berusaha menjelaskan walaupun sedikit tidak jelas.
Berikut adalah deskripsi singkat dan tujuan dari 5W versi Anak Desa, yang Non-Pendidikan Sastra Bahasa maupun Ilmu Komunikasi. Yang penting bisa memberikan gambaran buat yang ingin belajar membuat tulisan. Agar tetap Blogging, Update Posting, and Sharing With Blog Walking.


What/Apa
Dari arti kata yang anak desa ambil dari kamus 1M, kata What bisa diartikan Apa. Dalam penulisan Faktor What ini harus tetap ada. Karena Faktor What ini sedikitnya akan memberikan gambaran tentang apa yang dituliskan.


Where/Dimana
Faktor Where atau Dimana, Faktor ini akan menggambarkan Lokasi dari Faktor What, atau dengan bahasa Anak Desa-nya bagian yang menceritakan lokasi dari apa yang diceritakan.


When/Kapan
Faktor When, adalah Faktor ini menggambarkan kapan atau waktu saat terjadi Faktor What dan Faktor Where. Bahasa kampungnya, kapan terjadinya dari apa yang diceritakan.

Who/Siapa
Faktor Who, menggambarkan Faktor siapa pelaku yang ada di Faktor What, Where, dan When. Kalau di Jurnal biasanya Faktor Who itu diisi oleh Orang yang terlibat.

Why + How
Faktor Why + How, kalau saya sering mengingatnya dengan Fator Alasan dan Penjelasan. Di Faktor ini kita juga bisa secara luas menjelaskan apa dan kenapa dari Faktor What, Where, When, Who.

Nah, Faktor 5W di atas bisa dijadikan sebuah acuan untuk membangun sebuah artikel. Untuk lebih jelas penerapan Faktor-fakor di atas, silahkan anda bisa searching di mesin pencari dengan keyword "Penerapan Teknik 5W"

Mudah-mudahan, postingan singkat yang saya posting ketika berada di kaki Gunung Parang Purwakarta ini memberikan manfaat buat seorang pemula yang ingin membangun sebuah artikel.

0 komentar:

Poskan Komentar

give your comment here, please do not spam

 
My Big Dream powered by XXZ